Wednesday, April 30, 2014

Tips Penting Cara Ternak Lovebird

Untuk para penggemar burung, pastinya sangat mengenal burung jenis Lovebird ini, karena burung Lovebird adalah kenis burung peliharaan terbaik dan ada beberapa tips penting cara ternak Lovebird. Karena banyak orang yang menggemari burung kecil yang masuk dalam keluarga kakaktua ini. Namun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan burung kakaktua. Burung Lovebird ini memiliki suara yang merdu sehingga banyak orang yang ingin memelihara burung ini dan untuk perawatannya juga cukup mudah, namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam merawat burung Lovebird ini agar tetap sehat. Berikut ini adalah beberapa kiat khusus untuk merawat burung kesayangan anda ini.


Inilah beberapa tips penting cara ternak lovebird yang harus anda perhatikan :

  • Memilih jenis pakan – jenis burung Lovebird ini dapat memakan berbagai jenis makanan seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan bahkan cacing ataupun bangkai. Sehingga untuk memberikan pakan pada burung Lovebird ini sesuaikan dengan makanan seperti berada di alam bebas. Sebaiknya anda tidak memberikan pakan biji-bijian terlalu banyak, karena makanan biji-bijian ini dapat menyebabkan kegemukan, dan burung yang menyimpan banyak lemak justru akan menjadi malas untuk berkicau. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan burung kesayangan anda ini, sebaiknya berikan pakan seperti sayuran segar, kacang-kacangan, biji-bijian dalam jumlah yang sedikit. Berikan juga buah satu atau dua kali dalam seminggu. Sehingga anda ternak burung Lovebird anda memiliki kualitas yang baik.
  • Pemilihan kandang – untuk memilih kandang burung jenis Lovebird ini sebaiknya anda mamilih kandang yang cukup besar, namun perhatikan dalam setiap jerujinya, jangan memilih kandang dengan jeruji yang terlalu besar karena dapat membuat burung anda terluka bila terselip diantara jeruji tersebut. Selain itu untuk tenggeran juga anda perhatikan, pilihlah tenggeran yang sesuai dengan ukuran kaki burung tersebut agar tidak melukai kakinya saat bergerak didalam sangkar. Burung jenis Lovebird ini menyukai banyak mainan agar membuat burung tetap aktif. Jika sudah senja, sebaiknya tutupi sangkar burung Lovebird agar tidak mengganggu waktu beristirahatnya. Selain itu sediakan juga kandang penangkaran untuk proses penjodohan dan untuk proses bertelur.
  • Untuk perawatan – burung Lovebird ini biasanya memiliki bercak-bercak putih seperti ketombe oleh karena itu, burung Lovebird ini butuh tempat untuk mandi dengan menyediakan wadah lain selain tempat minum untuk bermain-main air. Pemilihan tempat menyimpan kandang juga harus diperhatikan dengan baik. Untuk ternak burung Lovebird ini sebaiknya anda memilih tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup banyak, agar burung ternak anda ini selalu sehat dan terjaga kualitasnya.

Demikianlah beberapa tips penting cara ternak Lovebird yang dapat kami sampaikan diatas, semoga tips dan trik ini dapat bermanfaat untuk anda.

0 comments

Post a Comment