Friday, May 2, 2014

Tips Latihan Vokal Nada Rendah Untuk Pemula

Latihan vokal untuk para pemula memang tidaklah gampang, terutama untuk nada rendah yang memang harus menggunakan tips latihan vokal nada rendah untuk pemula agar latihan anda menjadi lebih mudah. Mengambil nada rendah dalam menyanyi sama susahnya seperti mengambil nada tinggi, untuk mencapai nada yang cukup rendah anda harus mempunyai pernapasan yang baik terlebih dahulu. Namun anda jangan pernah meremehkan latihan pernapasan dalam dunia tarik suara, sebab pernapasan dalam dunia tarik suara merupakan modal utama agar mampu menyanyikan lagi dengan baik.

Tips Latihan Vokal Nada Rendah Untuk Pemula

Setelah teknik pernapasan anda terbentuk, anda dapat melanjutkannya untuk belajar lebih dalam mengenai teknik vokal. Namun jika anda memang ingin belajar teknik vokal yang baik, caranya cukup mudah namun jika memungkinkan gunakanlah seorang mentor agar anda lebih mengerti bagaimana cara yang salah dan bagaimana cara yang benar.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips latihan vokal nada rendah untuk pemula yang memang dapat dikatakan cukup mendasar


  • Pernapasan – seperti yang sudah kita ulas sedikit diatas, pernapasan merupakan bagian paling penting dalam melatih vokal, terutama untuk berhasil mendapatkan suara rendah. Konsep dasar pernapasan dalam bernyanyi adalah menghirup udara sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat dan mengeluarkan napas sedikit demi sedikit. Ada 3 jenis pernapasan dalam bernyanyi, yaitu pernapasan perut, pernapasan dada dan pernapasan diafragma. Agar mampu mencapai nada rendah, pernapasan yang paling baik adalah menggunakan pernapasan dada, namun pernapasan dada tidak dapat digunakan ketika bernyanyi dalam nada normal karena akan cepat habis dan capai. Oleh karena itu, ketika bernyanyi dalam nada normal pernapasan yang paling baik adalah menggunakan pernapasan diafragma.
  • Bentuk mulut – untuk mencapai nada tinggi dan nada rendah, teknik mulut sangat membantu anda. Cobalah untuk berlatih dengan mulut terbuka lebar, dan ketika akan mengambil suara rendah lebarkan mulut anda kesamping. Untuk berlatih lebih jelas, anda dapat menggunakan tiga jari anda yang dimasukan kedalam mulut, nah lebar mulut ketika dimasukan 3 jari itulah lebar mulut ideal ketika kita hendak mengambil nada rendah ataupun nada tinggi.

Itulah tips latihan vokal untuk pemula yang sangat penting agar suara anda mampu mencapai tangga nada yang rendah ataupun tinggi. Semoga tips dan trik diatas dapat bermanfaat untuk anda.

0 comments

Post a Comment