Friday, July 5, 2013

Cara Menghilangkan Sakit Kepala / Migrain dengan Cepat

Cara Menghilangkan Sakit Kepala / Migrain dengan Cepat - Sakit kepala dalam istilah medis dikenal sebagai cephalalgia yaitu situasi munculnya rasa sakit di kepala, terkadang di leher bagian belakang leher ataupun punggung sebelah atas. Masalah kesehatan macam sakit kepala sekilas memanglah tampak sebagai satu problem yang sepele, tetapi kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak cara untuk mengatasi serangan sakit kepala ataupun migrain di antaranya dengan minum obat pereda nyeri. Namun ada juga cara pengobatan alternatif yang dapat anda pakai untuk menghilangkan gangguan sakit kepala dengan mudah.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala :

Es batu 
Sakit Kepala, MigrainSekantong es dapat membuat mati rasa tempat yang terasa sakit serta mengurangi nyut-nyut di kepala. Bila anda merasakan rasa sakit atau nyeri akibat ketegangan atau stres, anda bisa mengambil icepack lalu ditaruh di kepala, bahu atau di belakang leher. 

Jagalah mata 
Efek radiasi monitor komputer dapat menyebabkan munculnya sakit kepala. Jika anda mengalami sakit kepala akibat mata terlalu lama melihat layar, cobalah pakai layar anti-silau sewaktu bekerja di depan computer.

Biofeedback 
Ini merupakan metode penggunaan sensor elektronik untuk memonitor manfaat tubuh misalkan problem ketegangan otot, suhu kulit, detak jantung, dan tekanan darah. info kondisi pasien secara umum tampak melalui nada atau gambar di computer. studi menginformasikan, biofeedback amat efisien dalam menangani migrain serta ketegangan di kepala. suatu kajian terbaru yang dipublikasikan oleh jurnal headache menunjukkan terapi tingkah laku, semacam biofeedback, lebih irit biaya dibanding pemberian resep obat.

Akupunktur 
Pada metode akupunktur, jarum tidak tebal dimasukkan ke bawah susunan kulit untuk menyetel kembali aliran daya atau qi, di dalam tubuh. Suatu kajian oleh beberapa pakar yang dikenal sebagai cochrane review melaporkan, akupunktur bisa menolong menghindarkan migrain akut dengan lebih sedikit efek samping. Bukti yang menujukkan bahwa akupunktur dapat menolong orang dengan sakit kepala kronis.

Pijat 
Untuk pertolongan pertama sakit kepala, orang berusaha menggosok pelipis atau leher, punggung, kepala, atau bahu. Terasa membaik sejenak, namun mesti melakukannya lagi. Menurut sebuah penelitian, pasien migren yang mendapatkan sesi pijat selama enam minggu, frekuensi migrainnya cenderung menyusut serta mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Peregangan 
Praktekkan peregangan untuk mengatasi ketegangan otot yang memberikan kontribusi pada nyeri. cobalah tiga gerakan ini : gerakan leher ( dagu ke depan, ke atas, ke samping kiri dan kanan ) ; gerakan bahu ( gerakan bahu ke atas, putar bahu ke depan dan belakang ) ; serta leher isometrik ( tangan menghimpit pada tiap-tiap segi kepala ). Lakukan peregangan 2 x 1 hari sepanjang 20 menit per sesi. tahan peregangan sepanjang lima detik, relaks selama lima detik, kemudian ulangilah tiap-tiap peregangan tiga hingga lima kali.

Aerobik 
Latihan aerobik secara teratur, misalkan di jalur cepat, bersepeda, atau berenang, bisa kurangi intensitas serta frekuensi migrain, menurut national pain foundation. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal headache pada pasien migrain yang lakukan senam teratur sepanjang 12-minggu dengan bersepeda di dalam ruangan menunjukkan adanya peningkatan kualitas hidup dan menurunnya angka kasus migrain dan intensitas nyeri.

Meditasi 
Beragam tehnik meditasi bisa dipakai untuk memfokuskan perhatian dan menenangkan pikiran dari masalah  nyeri kritis. pada titik ini, hanya sedikit data perihal dampak dari meditasi pada migrain. Sejumlah peneliti di johns hopkins school of medicine, di baltimore yang terlibat dalam percobaan klinis coba memastikan apakah vipassana - tehnik meditasi kuno india yang fokus pada pikiran - bisa mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain serta menambah kualitas hidup dengan total. Suatu riset lain pada pasien migrain menemukan bahwa meditasi spiritual meringankan frekuensi sakit kepala dan toleransi nyeri semakin baik daripada meditasi sekuler dengan relaksasi otot.

Yoga 
Suatu penelitian kecil mengenai sakit kepala melibatkan dua grup pasien migrain secara acak yang ditugaskan melakukan terapi yoga selama tiga bulann. Hasilnya, Perbandingan dengan grup kontrol, peserta yoga lebih sedikit mengalami serangan sakit kepala.

Latihan relaksasi 
Menarik napas panjang, enjoy mendengarkan musik atau menggunakan pencitraan mental, bisa menolong orang rileks dan barangkali terhindar dari sakit kepala. Temuan ini perlu penelitian lebih lanjut. berikutnya, sebuah penelitian pada 90 pasien sakit kepala menyimpulkan bahwa kursus relaksasi dapat meningkatkan kualitas tidur dibanding dengan akupunktur.

Batasi nitrat dan nitrit 
Beberapa pakar kesehatan menganjurkan untuk menghindari zat-zat yang dapat merangsang sakit kepala, termasuk nitrit dan nitrat dalam daging olahan serta monosodium glutamat (msg) yang dipakai dalam makanan sebagai penyedap rasa. Sebagian obat jantung juga memiliki kandungan nitrat.

Elektroda implan 
Problem sakit kepala kambuhan di hari berikutnya barangkali dapat teratasi dengan pemakaian elektroda yang ditanam di leher atau otak untuk meredakan nyeri.

Terimakasih telah membaca artikel Cara Menghilangkan Sakit Kepala / Migrain dengan Mudah. Semoga membantu.

0 comments

Post a Comment