Sunday, May 1, 2016

Kenapa Saat Berlari Perut Terasa Sakit?

Kenapa Saat Berlari Perut Terasa Sakit?
Kenapa Saat Berlari Perut Terasa Sakit?. Saat berlari mengalami sakit perut terasa sakit? Jangan khawatir, banyak orang mengalami masalah yang sama. Sakit perut saat berlari bisa diakibatkan karena sebelum berlari anda banyak makan atau minum sehingga perut menjadi sedikit bermasalah dalam mencerna makanan dengan benar. Tentunya tidak akan menyenangkan bila sakit perut saat berlari. Tidak konsentrasi dan bahkan kebanyakan orang membatalkan melanjutkan berlari.

Sakit perut saat berlari sebenarnya bisa dicegah dan gampang sekali diatasi. Namun sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi perut sakit saat berlari, lebih baik lagi mengetahui kenapa saat berlari perut terasa sakit? 

Sakit Perut saat Berlari

Belum Pemanasan
Pemanasan sebelum melakukan olahraga menjadi kunci memaksimalkan olahraga tersebut. Masalah seperti kram, keseleo otot, ataupun masalah lainnya yang bisa timbul saat olahraga bisa di minimalisir dengan melakukan pemanasan. Sakit perut saat berlari bisa diakibatkan karena kurang pemanasan atau bahkan tidak melakukan pemanasan sama sekali. Pemanasan juga bisa menghindarkan dari cidera otot serius yang mungkin bisa dialami.

Sakit perut saat berlari mungkin diakibatkan karena otot perut belum siap untuk melakukan pengaturan nafas, otot otot masih kaku dan kegiatan pencernaan dalam perut atau lambung yang terganggu. 

Berbicara Saat Berlari
Berlari sambil berbicara dengan rekan berlari bukanlah hal yang dianjurkan. Selain akan emngurangi konsentrasi dalam berlari, berbicara saat berlari trebukti menjadi salah satu penyebab sakit perut saat berlari. Penyebab sebenarnya adalah kadar udara yang terlalu banyak did alam perut hingga menimbulkan rasa sakit. Udara masuk saat anda berbicara, dan semakin lama bincang bincang dilakukan maka semakin banyak udara yang tersimpan di dalam perut.

Makan dan Minum Sebelum Berlari
Makan dan minum sebelum melakukan olahraga bisa mengakibatkan sakit perut nantinya. Kram jenis ini adalah jenis yang paling sering dijumpai. Sakit perut ini diakibatkan karena lambung sedang memproses makanan dan minuman yang masuk sedangkan anda tidak memberi waktu untuk lambung mengolah dnegan tepat dan sempurna. Akibatnya perut sakit.

Kekurangan Cairan Tubuh
Salah satu penyebab kenapa saat berlari perut terasa sakit adalah kekurangan cairan tubuh, baik itu air putih atau pun elektrolit. Untuk hal yang satu ini, karena dehidrasi orang tidak bisa lari lebih jauh. Apabila keadaan kekurangan cairan tubuh ini dibiarkan maka pelari akan mengalami pingsan akibat terlalu lelah. Apabila kondisi ini dipaksakan, bisa saja pelari mengalami keadaan yang lebih parah daripada hanya sakit perut atau pingsan.

Empat penyebab perut sakit saat berlari diatas bisa dijadikan patokan bagaimana mengatasi masalah kenapa saat berlari perut terasa sakit? Berikut adalah beberapa tips mengatasi perut sakit saat berlari yang mudah dilakukan.

Mengatasi Sakit Perut saat Berlari

Pemanasan
Lakukan pemanasan minimal 20 menit sebelum berlari. Selain untuk menghindari cidera otot juga kram/ sakit perut. Pemanasan wajib dilakukan sebelum melakukan olahraga jenis apapun. Menjaga tubuh tetap fit saat berolahraga akan menyelamatkan dan memaksimalkan usaha anda untuk menyehatkan badan.

Tidak Makan dan Minum 
Sebaiknya menghindari makan dan minum sebelum melakukan olahraga. Namun apabila memang memerlukan makan dan minum sebelum berolahraga bisa dilakukan satu jam sebelum berolahraga. Dengan demikian lambung mempunyai waktu untuk mencerna makanan dna minuman dnegan baik. saat berolahraga pun perut juga tidak akan sakit lagi. Perhatikan, jangan terallu banyak makan dan minum karena waktu untuk mencerna pun akan bertambah juga.

Konsentrasi Saat Berlari
Sebaiknya dalam melakukan olahraga lari, anda berkonsentrasi untuk berlari. Selain menghindarkan dari masalah sakit perut, hal ini akan menghindarkan anda dari cedera otot atau terluka karena terjatuh saat kurang konsentrasi. Fokus menyelesaikan olahraga. Apabila menginginkan mengobrol dengan teman, maka bisa dilakukan saat beristirahat setelah menyelesaikan olahraga. Dengan melakukan ini, hasil yang didapat akan lebih maksimal.

Minum yang Cukup
Untuk menghindari kekurangan cairan saat berlari, lebih baik minum yang cukup sebelum serlari. Sedangkan untuk mencukupi cairan saat berlari, anda bisa minum cairan elektrolit yang mudah ditemukan dipasaran. Minum seperlunya dan jangan terlalu banyak.

Sekarang, silahkan anda lakukan dengan sebaik mungkin untuk merasakan saat berlari bebas dari rasa sakit. Dan nikmati indahnya berlari dengan sehat. Ingin menambah berat badan? bisa baca disini Cara Menambah Berat Badan.

0 comments

Post a Comment