Sunday, March 22, 2015

Apakah Ibu Hamil Boleh Mencabut Gigi ?

Solusi Hamil - Apakah Ibu Hamil Boleh Mencabut Gigi - Dalam keadaan hamil sebagian besar tindakan medis memang dilarang dan sebaiknya tidak dilakukan sampai setelah proses melahirkan. Termasuk dalam hal ini adalah tindakan medis untuk mencabut gigi. Apa yang menyebabkan tidak boleh mencabut gigi saat hamil ?



Salah satu penyebab cabut gigi di larang saat hamil adalah karena saat mencabut gigi biasanya timbuk perasaan takut, stress, yang dapat menimbulkan kontraksi. Namun kadang terjadi beberapa keadaan darurat seperti sakit gigi yang berulang ulang sehingga dibutuhkan tindakan medis yaitu pencabutan gigi sebab jika tidak dapat menyababkan ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi makanan yang dapat berpengaruh terhadap asupan gizi dan nutrisi untuk janin. Jika hal darurat seperti itu terjadi maka tindakan medis cabut gigi terpaksa dilakukan namun jika sakit gigi tidak selalu datang maka sebaiknya tunggu setelah melahirkan barulah mencabut gigi.

Selain mencabut gigi ada beberapa hal tentang masalah gigi yang juga sebaiknya tidak dilakukan saat hamil antara lain adalah sebagai berikut:

Membersihkan karang gigi
Karang gigi merupakan lapisan keras yang menempel pada gigi yang disebabkan tumpukan sisa sisa makanan yang sudah lama tidak dibersihkan. Membersihkan karang gigi juga sebaiknya tidak dilakukan saat hamil karena menyebabkan ketakutan dan stress bagi hamil apalagi sensasi ngilu yang ditimbulkannya dapat memperparah stress bagi ibu hamil sehingga sebaiknya tindakan medis seperti membersihkan karang gigi tidak dilakukan saat hamil.

Menambal Gigi
Menambal gigi merupakan tindakan yang dilakukan untuk menghilangkan lubang pada gigi dengan cara menambahkan cairan kimia tertentu pada lubang gigi sehingga gigi yang berlubang bisa tertutup kembali dan dapat mengurangi resiko terkena sakit gigi di kemudian hari. Tindakan menambal gigi memang sangat baik dilakukan untuk mencegah timbulnya sakit gigi namun saat hamil sebaiknya tindakan ini tidak dilakukan sebab meskipun secara langsung bahan yang digunkan untuk menambal gigi tidak berefek buruk pada janin namun ketakutan ibu hamil saat proses pengorekan lubang gigi sebelum ditambal dapat menyebabkan stress apalagi rasa ngilu yang ditimbulkan meningkatkan resiko kontraksi saat hamil.

Demikianlah informasi tentang Apakah Ibu Hamil Boleh Mencabut Gigi ? semoga informasi yang kami berikan ini dapat menambah wawasan pembaca khususnya ibu yang sedang hamil saat ini. Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment