Friday, April 18, 2014

Makalah Anemia Pada Ibu Hamil

Makalah anemia pada ibu hamil biasanya dibuat oleh mereka yang sedang melakukan studi di bidang kesehatan, makalah tersebut dibuat untuk melengkapi studi mereka dengan isi makalah yang akan membahas penyakit anemia yang menyerang ibu hamil. Dan isi dari makalah tersebut tentunya akan sangat bermanfaat jika dapat diketahui oleh ibu yang tengah mengandung, karena melalui isi dari makalah tersebut ibu hamil dapat mengetahui berbagai dampak dan bahaya dari penyakit anemia tersebut hingga bisa mencegahnya. Di dalam makalah tersebut akan menjelaskan bahwa anemia pada ibu hamil merupakan sebuah kondisi dimana kadar hemoglobin atau sel darah merah pada ibu hamil berada pada kondisi yang rendah, baik pada trimester I ataupun trimester II.

Makalah Anemia Pada Ibu Hamil

Di dalam makalah tersebut juga disebutkan bahwa anemia pada ibu hamil terbagi menjadi beberapa bagian seperti anemia defisiensi besi yaitu anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, anemia megaloblastik yaitu anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat asam folik, anemia hipoplastik yaitu anemia disebabkan oleh hipofungsi pada sumsum tulang dalam membantuk sel darah merang yang baru, serta anemia hemolitik yang dikarenakan pemecahan atau penghacuran pada sel darah merah yang lebih cepat dai waktu pembuatannya. Berbagai macam penyakit anemia pada ibu hamil tersebut menurut makalah anemia pada ibu hamil adalah karena beberapa faktor, seperti produksi darah yang tidak seimbang dengan produksi plasma, kebutuhan zat besi yang terus meningkat, hipervolemia yang menyebabkan pengenceran darah, kekurangan zat besi melalui makanan yang di konsumsi, hingga karena gangguan pada sistem pencernaan hingga akibat aborsi.

Dan beberapa bahaya yang disebabkan oleh penyakit anemia atau kurang darah tersebut pada ibu yang tengah mengandung adalah persalinan prematur dengan prosentase yang tinggi, cacat bawaan pada janin, terjadinya kematian intera uteri , berat badan lahir rendah, intelengensi yang rendah, hingga bayi yang rentan terhadap infeksi yang dapat bedampak hingga kematian. Tentunya setiap ibu yang tengah mengandung tidak akan pernah menginginkan kondisi tersebut pada mereka, maka dari itulah sebaiknya para ibu dapat menghaindarinya dengan pola hidup dan pola makan yang lebih sehat dan teratur. Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai isi dari makalah anemia pada ibu hamil yang telah kita ketauhi bersama, semoga sedikit ulasan di atas dapat membantu serta dapat menjadi sebuah informasi kesehatan yang bermanfaat untuk anda semuanya.

0 comments

Post a Comment