Sunday, May 1, 2016

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya dengan Mudah. Mimisan adalah pendarahan yang terjadi pada hidung karena alasan tertentu. biasanya orang yang terkena mimisan akan didukkan dengan posisi tegak dan kumudian hidungnya ditekan agar pembuluh darah yang pecah menjadi mengecil dan darah yang keluar membeku dengan cepat. Mimisan bisa terjadi kepada siapa saja dan bisa terjadi di mana saja karena beberapa sebab dan alasan yang bisa dikatakan masuk akal karena bisa dijelaskan kenapa mimisan bisa terjadi. Kondisi fisik yang memang lemah juga bisa menjadi alasan kenapa seseorang mudah terkena mimisan, namun hal ini tidak berlaku untuk semua orang.
  
Keadaan suhu tubuh dan suhu lingkungan yang sangat berbeda akan mempengaruhi keadaan hidung karena kelembabannya menjadi berkurang sehingga pendarahan pun terjadi tanpa disadari dan di duga. Beberapa hal yang bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah hidung penyebab mimisan diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab Mimisan

  • Keadaan Lingkungan
    Mimisan bisa terjadi karena disebabkan oleh adanya faktor lingkungan yang berbeda, misalnya suhu udara yang menjadi dingin sehingga menjadikan kelembaban lingkungan sekitar menjadi kurang dan bahkan cenderung kering yang akan menyebabkan selaput darah yang ada pada hidung menjadi pecah karena pernapasan yang kering. Selain itu, polusi yang disebabkan oleh asap kendaraan juga bisa menyebabkan terjadinya mimisan.
      
  • Tumor dan Infeksi
    Terjadinya mimisan bisa disebabkan karena adanya saluran yang terinfeksi dan yang lebih buruk lagi karena adanya pertumbuhan tumor yang terdapat di ronnga hidung. 
      
  • Benturan
    Benturan yang terjadi secara kebetulan meninggalkan rasa trauma pada bagian hidung, hal itu yang menyebabkan hidung menjadi berdarah atau mimisan karena pecahnya pembuluh darah yang ada di hidung.
      
  • Demam Berdarah
    Pada saat sedang sakit demam berdarah seseorang mudah terkena mimisan karena infeksi sistematis yang terjadi. Mimisan yang terjadi ketika sedang sakit DBD menandakan orang tersebut mengalami keadaan yang sangat parah dan harus ditangani secara intensif. Pada kasus ini, mimisan yang terjadi menandakan bahwa penderita DBD memasuki ke stadium yang lebih berat dan harus dengan sangat segera di tangani.

Setelah mengetahui penyebab yang bisa terjadinya pendarahan atau mimisan pada hidung, maka sebagai antisipasi ataupun terapi pengobatan bisa dilakukan sesuai dengan gejala yang ditimbulkannya. Walaupun, sebagian mimisan yang terjadi bukan merupakan penyakit yang berbahaya namun juga perlu dilakukan penanganan agar mimisan yang terjadi bisa segera ditanggulangi sehingga pendarahan tidak terlalu lama terjadi. Cara untuk mengatasi mimisan yang terjadi bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan juga cepat menghentikan pendarahan yang terjadi. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Mimisan

  1. Bagi seseorang yang terkena mimisan, segera dudukkan orang tersebut dengan posisi yang tegak. Hal ini akan memposisikan hidung akan lebih tinggi dari posisi jantung agar pendarahan bisa cepat berhenti.
  2. Kemudian, rubah posisi badan dengan sedikit membunggkuk ke depan dan diusahakan untuk bernapas dengan mulut.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan menekan hidung selama lima menit untuk menghentikan pendarahan, setelah itu, kompres hidung dengan menggunakan air dingin agar pendarahan berhenti
  4. Cara mudah lainnya adalah dengan menggunakan gulungan daun sirih yang sudah di remas dan dimasikkan ke dalam hidung biarkan beberapa saat hingga pendarahan benar-benar berhenti.

Akan tetapi, jika perlakuan di atas yang bisa dianggap sebagai tindakan pertolongan pertama pada penderita mimisan tidak bisa menghentikan pendarahan maka bisa segera di bawa ke dokter untuk menjalani perawatan lebih lanjut sehingga mimisan bisa berhenti dengan baik.
  
Bagi orang yang mudah dan sering terkena mimisan lebih baik melakukan usaha sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi jika suatu saat hal itu terjadi atau sebagai pertolongan pertama agar mimisan tidak terjadi karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Selalu menjaga kesehatan tubuh atau selalu rutin melakukan check up ke dokter terhadap kondisi tubuh bisa menjadi pertolongan dalam menghindarkan diri dari serangan penyakit ataupun pendarahan yang sering terjadi di bagian hidung. Dari tulisan di atas tentang penyebab dan cara mengatasi mimisan semoga bisa membantu anda dalam menghadapi masalah kesehatan ini. Selain itu apakah kalian sudah tau manfaat dari tomat? baca Manfaat Tomat bagi Kesehatan.

0 comments

Post a Comment